PRINSIP PADA RETENSI INDIREK

Prinsip pada retensi indirek, yang terdapat pada GTS dengan sadle distal extension membutuhkan komponen basis gigi tiruan (untuk konvensional yang disebut indirect retainer) yang ditempatkan pada gigi anterior yang diletakkan pada gigi anterior sejauh mungkin didepan garis fulkrum, biasanya tergambar pada baguan retentive pada cengkram dari gigi abutment. Ketika ada tendensi pada saddle untuk bergerak dari mukosa, garis fulkrum di pindahkan dari cengkram bagian retentive ke indirect retainer. Kemudian cengkram akan lebih efektif untuk mempertahankan distal-extension saddles.

Walaupun demikian,situasi yang biasa terjadi pada mandibula, ketika hanya enam gigi anterior yang tersisa, dan distal-extension saddle sangat panjang, sangat sulit untuk memdapatkan indirect retention, karena garis fulkrum diantara bagian retentive pada cengkram gigi abutment anterior di aspek lingual dari gigi incisive yang biasanya diletakkan (fig1)

Pengalaman klinikal menunjukkan banyak GTS lepasan dibuat dibuat dibawah keadaan ini yang tidak berhasil pemakaiannya. Banyak klinisi yang menganjurkan overdenture pada dasarnya yang tanpa indirect retention GTS removable akan menjadi tidak retentive dan sulit pemakaiannya. Overdenture juga mempunyai keuntungan untuk lebih mudah disesuaikan posisi dari bidang oklusal dan menyediakan hasil yang lebih baik, banyak pasien yang lebih memilih GTS. Ada beberapa keadaan dimana GTS dapat sukses pada situasi ini. Salah satu faktor dari suksesnyaadalah pembuatan retentive gigi tiruan, dan ini membuat indirect retention sangat penting.

Tujuan pembuatan artikel ini untuk menganalisa bagaimana indirect retention dapat dicapai pada kasus ini dengan penambahan prinsip pada indirect retention. Karena kasus ini biasa terjadi pada mandibula, maka akan didiskusikan disini walaupun prinsip aplikasi sama pada maksila.


0 komentar to "PRINSIP PADA RETENSI INDIREK"

search box

clock


Gunadarma

Gunadarma

About Me

Total Tayangan Halaman

Followers

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

mp3 playlist


My Slide show

Banner

FREAKPAPER


Move your mouse to go back to the page!
Gerakkan mouse anda dan silahkan nikmati kembali posting kami!

Original design by: freakpaper.blogspot.com - freakpaper.blogspot.com - Oktober 2010